ARTIKEL 1

2012

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pada era-modernisasi, manusia dituntut oleh gaya hidup yang serba praktis dan mudah.Salah satunya adalah kebutuhan makanan ,kapanpun, dimanapun pasti seseorang memerlukan kebutuhan tersebut untuk kelangsungan hidupnya sehari-hari.

Tak hanya sekedar makanan yang sifatnya mengenyangkan perut tetapi harus diimbangi dengan kesehatan yang ada dalam tubuh kita sendiri, makanan yang benar-benar kita perlukan adalah makanan yang bergizi dan higienis, agar terhindar dari penyakit-penyakit yang bisa membahayakan tubuh. Dengan kesehatan yang baik akan mendukung stamina untuk aktivitas sehari-hari. Dan, untuk mendapatkan hidup sehat dan berat badan yang ideal, salah satunya bisa diperoleh dengan pola makan yang teratur.

Oleh sebab itu, timbul suatu pemikiran dari para wirausaha atau pengusaha untuk mengembangkan suatu usaha makanan yang menjamin kelangsungan akan kesehatan . Mungkin banyak sekali produk-produk makanan yangdiproduksi di lingkungan masyarakat dengan berbagai tampilan yang menarik. Salah satunya produk masakan yang memiliki cita rasa yang beragam, peluang yang perlu digarap saat ini mengenai usaha masakan yaitu usaha Catering .

Usaha Catering ini sudah ada sejak puluhan tahun, berbagai jenis usaha catering yang bermacam-macam yang telah menyatu pada lingkungan masyarakat. Untuk itu perlu adanya pemaparan yang lebih lanjut mengenai usaha yang saat ini berprospek cerah dalam lingkup usaha atau bisnis mengenai usaha catering sehat . Tak hanya makanan menjadi mutu tetapi juga kesehatan yang penting untuk para konsumen didalamnya.

 

 

 

 

PEMBAHASAN

Usaha catering sehat merupakan catering yang berbeda dengan usaha catering lainnya. Perbedaannya adalah dari bahan baku yang digunakan , karena catering sehat menggunakan bahan baku organik yang memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan bahan baku yang biasa. Misalnya , mengganti penggunaan minyak goreng kelapa sawit dengan minyak zaitun, gunakan gula dan garam rendah kalori serta menggunakan daging rendah lemak . Dalam usaha catering sehat dan catering diet, akan lebih baik dibantu ahli gizi yang bertugas untuk mengatur jenis makanan yang tepat . Selain itu, perlu ahli dalam masakan yang harus mengerti bagaimana cara mengolah makanan dengan tepat  yang disesuaikan oleh takaran yang dibutuhkan .

  • Persiapan Usaha dan Target Pasar

Untuk membuka catering sehat hal yang perlu diperhatikan adalah konsep utama yaitu menentukan tipe-tipe menu sehat dan konsumen yang akan dituju. Selain itu, harus berkonsultasi dengan dokter, dan merekrut tenaga ahli khusus di bidang gizi yang membantu memberikan konsultasi yang akurat mengenai menu yang akan disajikan kepada konsumen sesuai dengan apa yang mereka inginkan .

Tak hanya itu, mengetahui supplier yang menyediakan bahan baku berkualitas prima yang dipergunakan untuk membuat menu-menu sehat .  Selanjutnya mempersiapkan manajemen seperti manajemen produksi, alat dan bahan yang akan digunakan, dan biaya yang dibutuhkan . Untuk modal usaha ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam meminimalisir modal, yaitu dengan menggunakan properti yang sudah dimiliki sebelum membuka usaha misalnya peralatan dapur, kendaraan dan lokasi produksi .

Target pasar yang akan dituju konsumen yang mengkonsumsi catering sehat dan diet kebanyakan kaum menengah-atas yang telah mengerti benar tentang pola hidup sehat atau pun orang yang memiliki pandangan jauh ke depan yang cenderung perfeksionis.

 

  • Pemasaran

Untuk promosi kita dapat melakukannya dengan cara menyebarkan brosur atau secara online, selain itu dengan memberikan sampel kepada calon konsumen potensial sambil meminta kritik dan saran sebagai upaya perbaikan mutu dari produk yang dijual . Untuk catering sehat, cara yang lebih cocok adalah dengan menjalin kerjasama dengan rumah sakit atau dokter-dokter yang memiliki pasien yang memerlukan pengaturan pola makan .

  • Mutu Produk dan Pelayanan

Untuk catering khusus kesehatan dan diet, selain menyajikan menu yang sehat dan bernutrisi, perlu menyajikan makanan bercita rasa lezat yang menggugah selera . Hal ini dilakukan agar konsumen tidak merasa sedang melakukan diet khusus . Tambahan fasilitas yang diberikan juga dapat menjadi daya tarik khusus bagi calon konsumen, seperti konsultasi gratis pada ahli gizi untuk konsumen catering diet.

  • Kendala dan Cara Mengatasi

Kendala yang sering dihadapi para pengusaha catering ialah saat pendistribusian pemesanan .Keterlambatan saat makanan diantar adalah hal yang harus dihindari sedini mungkin. Oleh karena itu , siapkan karyawan yang memiliki pengetahuan yang prima tentang rute dan kondisi jalan yang akan ditempuh, usahakan makanan yang telah diproduksi jangan terlalu lama disimpan di tempat produksi, setelah dikemas dengan rapi segera  mungkin antarkan pada konsumen yang bersangkutan .

  • Keuntungan  Usaha Catering Sehat

Menurut data yang diliput oleh info kuliner bahwa keuntungan yang diperoleh pada usaha catering sehat mencapai 50% dari omset . Dikarenakan masih sedikit pelaku  usaha yang mengembangkan usaha catering sehat dan diet tersebut . 

      Contoh catering :

  • Konsumen :

Pelanggan yang datang ke Nien’s Catering untuk segmen perkantoran berasal dari Jakarta Pusat. Segmen pelanggan personal dan keluarga berasal dari wilayah Jabodetabek. Pemesanan menu-menu di Nien’s Catering terjadi sepanjang minggu. Tetapi mengalami masa puncak pada liburan akhir pekan, acara hari besar, seminar-seminar, dan acara keluarga. Karenanya, pemesanan produk didiskusikan jauh-jauh hari.

  • Menu andalan :

Makarooni, lasagna, dan fetucinni menjadi menu andalan Nien’s Catering yang menggunakan keju. Menu ini sering dipesan dalam acara pesta pernikahan, hari raya, dan seminar. Karena menurutnya, menu ini cukup cocok disandingkan dengan menu utama selama perayaan. Konsumen sering memesan dalam jumlah 300-500 porsi setiap event yang diselenggarakan.

  • Harga :

Konsumen tidak perlu khawatir soal harga. Harga dan biaya akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing konsumen. Konsumen tinggal berdiskusi tentang anggaran yang dimilikinya dan susunan menu yang diinginkan. Nien’s Catering akan memberikan saran terhadap meny yang disesuaikan dengan harga.

 

 

 

 

PENUTUP

  1. Kesimpulan
  • Bisnis merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mencapai keberhasilan yang menguntungkan.
  • Bentuk Dasar Pemilikan Bisnis diantaranya perusahaan perseorangan,persekutuan,perseroan dan koperasi, beserta klasifikasi dan manajemen bisnis .
  • Usaha catering terdiri dari usaha catering umum dan usaha catering khusus .
  • Pengolahan yang baik dan benar dalam pencapaian usaha catering sehat
  • Berbagai Tips-Tips Makanan sehat .

B. Saran

  • Dalam berwirausaha harus memiliki keinginan yang kuat dan menerima segala resiko yang ditempuh .
  • Upaya pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang diperlukan.
  • Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan mengurangi pengangguran di dalam negeri .

DAFTAR PUSTAKA

www.bisnisukm.com

 

www.wikipedia.com

 

http://rizkyamanda012.wordpress.com/2012/10/28/usaha-catering-sehat/

Diakses hari Senin , 12 November 2012 jam 20.40

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s