TUGAS PENGANTAR BISNIS minggu 1

TUGAS MINGGU  1 :

  1. Buatlah skema/alur pengertian bisnis dengan suatu contoh kasus usaha yang nyata !

Bisnis adalah usaha yang dirintis oleh seseorang atau kelompok yang orang tersebut memulainya dari bawah, sampai orang tersebut memperoleh hasil yang menguntungkan. Orang yang memulai bisnis akan memulainya dengan belajar terlebih dahulu, bisa dimulai dengan usaha kecil-kecilan. Contohnya : pagi hari kita berjualan  nasi uduk atau nasi kuning yang sudah di bungkus untuk dijual kepada mahasiswa yang ada di kampus, itu berarti kita sudah belajar dalam memanfaatkan peluang  dalam bisnis. Mengapa? karena pagi hari adalah waktu yang tepat untuk sarapan, mungkin diantara mahasiswa yang ada belum ada yang sempat sarapan di karenakan terburu-buru, oleh karena itu kita harus belajar bisnis dari kecil,  kata kunci dalam berbisnis adalah kita berani jangan takut akan kegagalan.

Orang yang berbisnis mempunyai tujuan utama yaitu mendapatkan keuntungan, meningkatkan penghasilan dan mendapatkan profit dalam usahanya. Bisnis bisa dilakukan perseorangan, kelompok atau suatu badan untuk memperoleh sesutu yang berguna, baik untuk kepentingan dirinya, pihak lain, maupun lingkungannya.

 

  1. Terangkan alasan manusia belajar bisnis !
  • Manusia saling ketergantungan satu dengan yang lain.

Maksudnya di sini adalah pada awal mulanya manusia tidak bisa hidup sendiri, mengapa? Karena untuk memenuhi kebutuhannya orang tersebut bergantung pada keluarganya ataupun orang lain. Ketika sudah dewasa orang tersebut mempunyai kesadaran, bahwa tidak selamanya hidup untuk memenuhi kebutuhannya bergantung pada orang lain. Oleh sebab itulah manusia berfikir bagaimana cara agar Ia tidak selamanya bergantung  pada orang lain dan Ia dapat memenuhi kebutuhannya, dari situlah orang mulai belajar bisnis dan memulai mengembangkan usaha yang dimilikinya dan dari situ ia mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

  • Usaha memprtahankan hidup dan meningkatkan standard hidup.

Di sepanjang kebutuhan manusia, kebutuhan itu akan selau ada, dan cukup banyak jumlahnya. Beberapa kebutuhan manusia yang harus dipenuhi untuk mempertahankan hidupnya itu mencakup makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, rasa aman. Kebutuhan manusia, merupakan cermin dari persaan kekurangan yang dialami manusia. Kondisi ini memotivasi manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan supaya dapat meningkatkan standard hidupnya.

  • Adanya perubahan pola hidup

Kebutuhan yang berbeda-beda dan tingkat pendapatan atau  penghasilan yang di miliki seseorang membuat perubahan pola hidup manusia.

  • Kemajuan teknologi.

Dengan perkembangan kemajuan teknologi orang yang belajar bisnis bisa memanfaatkan peluang bisnis itu, misalnya dalam kemajuan teknologi kita bisa mulai berbisnis dalam dunia maya tanpa harus bertemu dengan pelanggan secara langsung. Dengan kemajuan teknologi kita juga melihat atau mengetahui apa saja kebutuhan yang sedang diminati masyarakat, jadi dengan kata lain kita dapat mengetahui informasi apa saja mengenai peluang usaha atau bisnis.

  • Hubungan internasional & adanya era globalisasi.

Meningkatnya era globalisasi membuat pasar internasional terbuka lebar untuk peluang bisnis, kita bisa menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan asing dari luar negeri, oleh sebab itu kita harus mempelajari tentang bisnis.

 

  1. Sejak kapan bisnis muncul, jelaskan !

Bisnis sebenarnnya sudah ada atau muncul di jaman sebelum ada kemajuan teknologi di era globalisasi ini. Bisnis atau usaha dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia, pada zaman dahulu masyarakat primitif saling membutuhkan barang dan jasa. Masyarakat primitif atau bisa juga disebut sebagai masyarakat tradisional adalah masyarakat yang masih berfiikir sedehana di mana mereka belum mengenal perkembangan ilmu dan pengetahuan, hal ini disebabkan karena keterbatasan keahlian maupun modal, cara berproduksi masih mengandalkan tenaga manusia dan tergantung pada faktor alam. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhannya, mereka melakukannya dengan cara pertukaran atau barter misalkan masyarakat A mempunyai garam dan masyarakat B mempunyai beras, mereka tukar-menukar barang dengan alat pembayaran yang saling menguntungkan pada kedua belah pihak. Dan karena semakin berkembang atau majunya zaman dari waktu kewaktu setelah menggunakan sistem barter, kemudian beralih alat pembayaran barang atau jasa tersebut menggunakan uang. Seiring dengan kemajuan teknologi, semakin akan bertambah pula kegiatan bisnis di dunia. Sudah terlihat jelas bahwa sekarang banyak masyarakat yang berani untuk mengambil peluang dan kesempatan untuk berbisnis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s