Tips Menjaga Suara

Salah satu Hobby saya adalah menyanyi, saya suka menyanyi, karena dengan menyanyi saya bisa meluapkan perasaan yang sedang saya rasakan. Semua lirik lagu yang pas dan kena di hati yang membuat saya hobby bernyanyi.  Memang saya bukan orang yang bukan memiliki suara yang indah dan merdu, tetapi dengan suara saya yang pas-pasan seperti ini saya rasa sudah cukup lumayan untuk hanya sekedar bernyanyi biasa.

Saya sangat menyukai lagu-lagu yang easy listening, baik itu lagu dari dalam maupun luar negri. Menurut saya bisa menyanyi lagu barat dengan pronouncation yang baik dan benar adalah suatu keunggulan yang tidak semua orang memilikinya. Untuk menguasai lagu-lagu barat, saya harus membrowsing lirik dari lagu tersebut lalu memahami isi dari lagu tersebut, menyanyikan berulang-ulang sampai hafal lirik baru dengan begitu saya bisa menyanyikannya dengan baik, dan lebih bisa menghayati lagu tersebut.

  Untuk tetap menjaga suara agar tetap terjaga, perlu dilakukan kegiatan sebagai berikut :

 

  1.     Cukupi kebutuhan cairan
    Minumlah cukup air putih setiap hari dan hindari minuman beralkohol dan kafein. Vokal suara kita bergetar sangat cepat, dan air akan menjaganya tetap berpelumas. Buah-buahan yang banyak mengandung air, seperti semangka, apel, pir, atau melon, juga sangat disarankan untuk dikonsumsi.

    2. Istirahat bersuara
    Mereka yang pekerjaan sehari-harinya banyak menggunakan suara, seperti penyanyi profesional, guru, atau pengkhotbah, disarankan untuk mengistirahatkan suaranya di antara periode-periode tertentu. Hal ini untuk mencegah timbulnya benjolan-benjolan di pita suara akibat pemakaian suara yang berlebihan.

    3. Hindari rokok
    Bila Anda sudah terlanjur merokok, berhentilah. Merokok meningkatkan risiko kanker tenggorokan dan asap rokok, bahkan pada perokok pasif, bisa membuat pita suara iritasi.

    4. Hindari pemakaian suara berlebihan
    Hindari berteriak atau menjerit-jerit, serta hindari untuk bersuara dengan kencang di lingkungan bising. Bila tenggorokan mulai terasa kering atau suara mulai serak, kurangi penggunaan suara. Suara yang serak merupakan tanda pita suara Anda mengalami iritasi.

    5. Jagalah otot leher rileks
    Jagalah agar tenggorokan dan otot leher selalu rileks, bahkan ketika Anda menyanyikan nada tinggi atau nada rendah. Beberapa penyanyi memiringkan kepala mereka ketika menyanyikan nada tinggi dan menundukkan kepala ketika menyanyikan nada rendah.

    6. Perhatikan cara bertutur
    Bahkan penyanyi profesional pun bisa mengalami gangguan suara ketika mereka berbicara. “Saat berbicara, Anda harus banyak menarik napas,” kata Hogikyan.

    7. Jangan terlalu sering membersihkan tenggorokan.
    Hindari berdahak terlalu sering untuk membersihkan tenggorok karena bisa menyebabkan suara parau. Minum cairan tanpa kafein hangat dapat membantu membasahi tenggorok. Menghirup uap air panas juga dapat membantu.

    8. Dengarkan tubuh Anda
    Jika Anda sedang sakit flu dan suara mulai serak, gunakan suara seminimal mungkin.

    9. Gunakan alat bantu
    Bila Anda perlu berbicara di depan umum atau di luar ruangan dengan publik yang banyak, gunakan alat bantu pengeras suara sehingga Anda tidak perlu berteriak.

    10. Lakukan latihan
    Pita suara juga perlu dilatih agar tetap lentur. Anda bisa melakukannya dengan cara bersenandung kecil di pagi hari sebagai “pemanasan” pita suara.

 

 

Jika anda ingin suara anda tetap bagus atau bahkan bisa lebih bagus maka anda harus melakukan kegiatan seperti diatas secara rutin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s